Friday 10 March 2017

Pilih Kredit Mobil Bekas atau Baru?

Bro, gw bingung nih..saat ini gw sekeluarga mau beli kendaraan operasional sehari-hari. Pilihannya adalah mobil baru atau bekas pakai berusia dua tahun. Nah lo tau sendiri kan kalo menjelang akhir tahun dealer mobil kasih diskon buat mobil baru. Pertanyaan gw, mana ya yang lebih menguntungkan dari sisi harga dan bunga, kredit mobil baru atau mobil bekas?


Emang benar bro, beberapa dealer sering memberikan diskon menjelang akhir tahun buat beli mobil baru. Sehingga saat itulah saat yang tepat untuk membeli kendaraan. Namun, saat harga kendaraan baru turun, harga mobil bekas juga mengalami penurunan. Ini hukum penawaran-permintaan yang selalu kita temui. Bila harga mobil turun, sementara harga mobil bekas tidak berubah, selisih harga mobil baru dan mobil bekas menjadi sangat dekat.

Buat kita sebagaii konsumen, tentu akan lebih baik membeli mobil baru. Kekhawatiran itu yang menyebabkan para pedagang mobil bekas lalu melakukan penyesuaian harga. Dari sisi Anda yang ingin memenuhi kendaraan operasional, yang perlu menjadi pertimbangan adalah anggaran dan kebutuhan kendaraan. Kalo anggaran cukup untuk memberi mobil baru, saran saya lebih baik mengambil kredit untuk mobil baru dan pilih jenis kendaraan yang sesuai kebutuhan. Jika memberli mobil baru, kita dapa kepastian bahwa kendaraan dapat beroperasi tanpa muncul kekhawatiran masalah teknis karena masih dalam jaminan garansi.

Kalo anggaran anda terbatas, kendaraan bekas adalah pilihan yang terbaik. Yang perlu dipersiapkan adalah melakukan pengecekan terhadap setiap komponen dan segera melakukan penggantian apabila diperlukan, agar tidak terjadi masalah saat digunakan. Dari sisi bunga, biasanya kredit mobil baru lebih rendah dibandingkan mobil bekas.

Kalo dari sudut pandang resiko. Saran saya, anda perlu memberikan perhatian khusus terhadap keaslian dokumen kendaraan. Selain itu, kondisi mobil juga harus bagus dan prima agar tidak kecewa di kemudian hari. Pastikan kendaraan sebelumnya dirawat dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara pengecekan catatan buku servis mobil. Lihat apakah mobil diservis tepat waktu dan di tempat servis yang tepercaya. Anda juga bisa melakukan cek fisik ke kantor samsat terdekat. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil yang anda beli tidak tersangkut masalah hukum.

No comments:

Post a Comment