Wednesday 15 March 2017

Cara Mempercepat Proses Kredit Pinjaman

Mas bro, gw mau ambil kredit mobil nih. Nah, gw perlu cepat dapat mobilnya, karena memang butuh buat sehari-hari. Sebelumnya gw biasa naik umum, tapi berhubung domisili pindah, mau gak mau gw harus naik kendaraan sendiri. Tau gak bro cara supaya proses kredit kendaraan jadi cepet?

Jaman sekarang memang salah satu fitur andalan perusahaan pembiayaan dalam bersaing dengan perusahaan pembiayaan lain adalah kecepatan layanan. Tapi kecepatan layanan itu sudah pasti juga didukung oleh kerjasama yang baik dengan calon nasabah. Untuk mempercepat pastikan mas bro masuk dalam kriteria 5C (charater, capacity, capital, collateral dan conditions). Lebih jelasnya masbro bisa search di blog ini.

Tips dari saya supaya dapat mempercepat proses kredit: yang paling penting adalah kelengkapan dokumen untuk mempermudah proses verifikasi data akd kredit. Dokumen umum untuk kredit mobil antara lain KTP, KK, NPWP, Slip gaji 3 bulan terakhir (rekening koran atau SIUP kalo mas bro pengusaha) Dokumen PBB, Rekening Listrik, Bukti Kepemilikan Rumah atau nota transaksi keuangan juga akan membantu keputusan kredit dalam hal 5C.

Selain itu jangan lupa untuk menyertakan dokumen pemohon dan pasangan apabila sudah menikah. Cek juga apakah masa berlaku dokumen-dokumen tersebut diatas masih berlaku atau tidak. Lebih baik menyiapkan fotokopi dokumen agar lebih memudahkan proses.

Dokumen asli juga perlu dipersiapkan jaga-jaga untuk proses verifikasi dokumen. Waktu survei juga merupakan hal penting. Seringkali konsumen berhalangan ketika petugas survei hendak berkunjung ke rumah atau kantor konsumen, sehingga proses kredit tertunda.

Jika memiliki pasangan, pastikan pasangan anda juga hadir saat janjian survei, karena dokumen wajib ditandatangani pasangan. Berikan nomor telepon yang dapat dihubungi dan gambaran lokasi rumah atau tempat tinggal masbro dengan jelas. Nama panggilan dan tempat bertanya, sangat membantu petugas yang akan melakukan survei.

Usahakan mendapatkan nomor handphone petugas survei, agar masbro bisa menjadwalkan waktu survei.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang muka yang sesuai. Kalau bisa jumlah uang mukanya cukup dari yang dipersyaratkan. Semakin tinggi uang muka, maka semakin memudahkan proses pengajuan kredit.

No comments:

Post a Comment