Tuesday 14 March 2017

Bukan Pegawai Atau Pengusaha Tapi Bisa Dapat Kredit Pinjaman, Caranya Gimana?

Bro, pekerjaan gw sama seperti lo. Suka nulis. Bedanya, gw gak bikin blog, tapi bekerja sebagai penulis lepas. Gak kerja sama orang lain (bukan pegawai). Dan gw juga gak memiliki perusahaan. Tapi, walaupun gw bukan pegawai dan bukan juga disebut pengusaha, penghasilan gw mencukupi. Alhamdulillah. Hidup dari menulis dari klien ke klien. Mungkin bisa dibilang freelancer kali ya. hehehe. Nah, gw pingin punya kendaraan sendiri sob, tapi nyicil. Cuma gw denger katanya salah satu persyaratannya adalah melampirkan slip gaji asli atau surat keterangan penghasilan. padahal,gw gak punya keduanya. Nah yang jadi pertanyaan, apakah pengajuan kredit gw bisa diterima? Thx in advanced bro.





 Gini sob, walaupun lo gak punnya penghasilan tetap atau gak punya surat keterangan penghasilan, pada prinsipnya tetap bisa mengajukan kredit pembelian kendaraan. Secara umum, dasar analisa kredit pembiayaan adalah 5C (character, capability, capital, condition dan collateral). Calon nasabah tak dinilai dari satu faktor saja.

Cuma perusahaan pembiayaan pasti dengan ketat mengedepankan asas kehati-hatian. jadinya, kepastian pendapatan untuk membayar angsuran jadi salah satu faktor penting yang diutamakan.

Untuk calon konsumen kryawan berpenghasilan tetap, melampirkan slip gaji atau surat keterangan yang menginformasikan jumlah penghasilan tetap per bulan. Bagi wirausaha atau profesional yang tidak memiliki pendapatan tetap dan tidak memiliki slip gaji atau surat keterangan penghasilan ada  dokumen yang bisa membantu menerangkan penghasilan, seperti bukuu tabungan atau bukti transaksi usaha.

Misalnya, pemilik warung akan diminta memberikan nota pembelian  dan penjualan untuk menghitung omzet dan penghasilan per bulan. Faktor lain yang juga bisa membantu persetujuan kredit adalah aset, kelengkapan dokumen, kondisi lingkungan tempat tinggal dan hal-hal lain yang bisa membantu analisa kredit. Semakin lengkap data, akan mempermudah multifinance memproses permohonan kredit.

Nah sebagai penulis, sobat bisa menggunakan kontrak-kontrak dengan pihak lain, yang memuat nilai pekerjaan yang bisa digunakan sebagai dokumen penunjang. Kelayakan mendapat kredit sesuai dengan kemampuan sobat membayar angsuran jadi poin penting.

Nah pihak perusahaan akan menilai apakah nasabah mampu membayar angsuran. Caranya, perusahaan akan menghitung pendapatan perbulan dan pendapatan lain-lain calon nasabah, dikurangi pengeluaran calon nasabah tiap bulanan. Misalnya, honor menulis sobat dikurangi belanja bulanan, cicilan rumah atau elektronik dan sebagainya. Selisih pendapatan dan pengeliaran bulanan itu bisa diketahui kemampuan membayar angsuran.

Jadi sobat gak perlu khawatir kalo penulis gak memiliki slip gaji. Perusahaan pembiayaan masih bisa meminta dokumen pendukung lain. Dan yang utama adalah kemampuan calon konsumen membayar angsuran. Saran buat sobat nih, nilai angsuran per bulan disesuaikan dengan kemampuan. Kalo bisa, biar pinjaman bisa gol, uang mukanya diperbesar dan tenor pinjaman lebih panjang supaya besaran cicilan makin kecil.



No comments:

Post a Comment