Wednesday 3 August 2016

Status permohonan AdSense (sebuah studi kasus)

kalo ditolak adsense harus bagaimana


Bagi yang pernah ngeblog dan mencoba peruntungan untuk mendapatkan dollar pasti sebagian besar pernah meneruma pesan ini: "Terima kasih atas minat Anda terhadap Google AdSense. Mohon maaf, setelah meninjau permohonan Anda, saat ini kami tidak dapat menerima Anda untuk masuk ke program AdSense. Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena alasan-alasan yang tercantum di bawah ini". .. duerr.. yang ditunggu-tunggu akhirnya malah membuat kepala pusing. Semangat ngeblog langsung luntur. Semangat langsung pudar.

yap. inilah yang masbronic hadapi baru-baru ini. Blog tidak diterima oleh google adsense. Alasannya simpel. Konten tidak memadai.


Bukan yang pertama kali


Memang ini bukan yang pertama buat masbronic. Maksudnya, ini adalah akun kedua yang coba untuk daftar di google adsense. Akun yang pertama? akun yang pertama adalah akun lama. Itu juga  udah daftar berkali-kali ke google adsense, tapi hasilnya nihil. Selalu ditolak. 
Kalo dulu alasannya berbagai macam. Dan perbaikan udah dilakukan sana sini tapi hasilnya tetap nihil.

Nih masbronic paparkan apa yang udah dilakukan pada akun pertama. Mudah-mudahan sobat gak mengulangi kesalahan masbronic

Percobaan Pertama

Setelah terima email memang sempat down. Pusing. merasa gak percaya diri. Tapi masbronic gak mau nyerah. Langsung aja browsing-browsing cari cara supaya blog lebih baik lagi. Waktu itu dapat informasi kalo blog kita harus berumur 3 - 6 bulan. Oke. Akhirnya masbronic jalanin. Nunggu selama 3 bulan lalu daftar google adsense lagi. Setelah 3 bulan coba daftar. coba daftar lagi. Eh ternyata jawabannya tetap sama. akun ditolak. Email balasannya pun isinya sama. Tidak memenuhi persyaratan google.

Percobaan Kedua

Gak mau kehabisan akal, masbronic browsing lagi. kali ini yang masbronic lakukan adalah ganti template. Yup, cari-cari template yang kira-kira bagus dan kira-kira diterima google. Trus daftar lagi di adsense. Hasilnya? sama aja. masih ditolak. Email balasannya pun isinya sama. Tidak memenuhi persyaratan google.

Percobaan Ketiga

Aha! ide briliant langsung hinggap di kepala. Jangan-jangan artikelnya kurang banyak lagi. Tapi gimana cara membuat artikelnya? aha!gimana kalo orang lain yang nulis. Ide yang satu ini terasa sangat briliant pada waktu itu. Langsung aja browsing situs-situs yang bisa menyediakan jasa itu. tapi, gila harganya mahal untuk ukuran kantong masbronic waktu itu. Satu artikel aja bisa 100 ribu. Gak kehabisan cara, masbronic buka aja thread di kaskus. "di cari penulis artikel". Masbronic kasih fee waktu itu Rp50 ribu per lima artikel. Artinya 1 artikel 10 ribu. 

Gak nyngka, yang daftar ternyata banyak. Tapi cuma dua yang masbronic terima. Oke mereka akhirnya bikin artikel. Waktu itu masbronic dapat 60 artikel. Artikel dikirim tiap dua hari sekali. Ada juga penulis yang kirim 10 dalam satu hari. Tugas masbronic jadi lebih mudah. Tambah gambar trus tinggal posting.

Ketika semua artikel udah terpasang, baru daftar google adsense. Dengan penuh percaya diri, masbronic daftar. Optimis kalo yang diajukan akan di terima google. Tapi malang, gagal maning. Email balasannya pun isinya sama. Tidak memenuhi persyaratan google.

Percobaan Keempat

Nyerah deh daftar google adsense. udah tiga kali gak tembus-tembus. Akhirnya blog masbronic tinggalin. Udah gak nafsu lagi untuk ngeblog (keliatan banget kalo ngeblog buat cari uang).

Gak sengaja, enam bulan kemudian masbronic buka blog lagi. Kaget juga, ternyata visitor udah banyak. Trafic organik lumayan banyak. Kalo gak salah sampai 200-an sehari. Itu pun tidak ada artikel baru dan hanya mengandalkan artikel lawas. Promosi blog juga gak ada. Dan hebatnya lagi, banyak banget yang komen di laman.

Kondisi kek gtu bikin semangat bangkit lagi. Masbronci browsing lagi deh cari-cari cara. Nah ternyata katanya cara daftar paling mudah adsense lewat Youtube. Langsung praktik masbronic langsung daftar Youtube. Eh tapi ternyata gak langsung keterima adsensenya. Minimal harus ada videonya dulu, baru bisa monetasi. Yaudah, buka hape, lalu rekam kondisi jalanan, trus upload.

Tara..fitur monetasi youtube bisa digunakan, dan akun adsense diterima. Coba-coba bukan adsense dari blog. Eh bisa. Aihh seneng banget deh

Tapi kesenangan itu gak berlangsung lama. Setelah review pertama, iklan kan muncul..pas review kedua..iklanya hiilllaanngg. gak muncul lagi. Bahkan sampai sekarang.


Nasib

Itulah sob, riwayat akun pertama masbronic. Suram. Makanya mau buat lagi. Dan sayangnya ditolak lagi. Ah yang sabar deh. 


Coming Soon: Artikel perkembangan akun adsense akun kedua untuk percobaan kedua. 


Tolong di share ya






1 comment: