Thursday 28 July 2016

Analisis SWOT untuk mengambil keputusan penting

merancang strategi menggunakan analisis swot


Jadi ceritanya, sy kebagian untuk membuat strategi. Baik dalam membuat program, kegiatan ataupun cara untuk menyampaikan pesan. Salah satu tools yang paling sering sy gunakan adalah analisis SWOT. Mungkin sobat udah pada tau ya analisis ini. Banyak banget yang bilang swot, apalagi kalau di kampus.

Yup benar, analisis swot adalah salah satu teknik yang paling bermanfaat banget untuk memahami kekuatan dan kelemahan. Analisis ini juga digunakan untuk mengidentifikasi baik peluang yang kita miliki maupun ancaman yang mungkin kita hadapi. jangan salah lho, kadang kita sendiri aja lupa dengan kekuatan kita. atau sering kali mengabaikan kelemahan kita. Jadi kalau menghadapi sesuatu suka asal. cuma pakai insting aja.

Kalo di bisnis si ya, analisis swot, kata pakar, bisa membantu kita menjaga keberlanjutan ceruk usaha yang kita miliki. Dalam karir juga bisa. analisis swot dapat membantu mengembangkan karir dengan cara sobat sendiri dapat memahami kelebihan talenta yang dimiliki, kemampuan dan mampu memanfaatkan peluang melalui kemampuan yang dimiliki.

Teknik SWOT sendiri sebenarnya ditemukan oleh Albert S Humprey pada tahun 1960. Teknik ini masih digunakan hingga sekarang.


Gimana sih cara pakai analisis SWOT? Gimana sih cara mengetahui apa kekuatan kita, kelemahan, peluang maupun ancaman yang dihadapi. Caranya, dengan menggunakan pertanyaan. Dari pertanyaan ini sobat cukup menjawabnya. Disimak ya.

Asumsinya sobat lagi buat SWOT untuk perusahaan

Kekuatan
1. apa kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan?
2. apa yang dilakukan oleh perusahaan yang terlihat lebih baik dibanding perusahaan lainnya?
3. apa sumber daya yang unik dan mudah didapatkan perusahaan yang perusahaan laing tidak bisa memilikinya?
4. apa yang dianggap/dilihat masyarakat/konsumen sebagai kekuatan dalam perusahaan anda?
5. nilai jual apa yang dimiliki perusahaan yagn tidak dimiliki perusahaan lain.

dalam menjawab pertanyaan itu, bayangkan kekuatan yang perusahaan sobat miliki baik dari perspektif internal dan dari perspektif pelanggan dan masyarakat di pasar dimana perusahaan berada.

Kalo mengalami kesulitan, tulis aja karakteristik perusahaan sobat, dan temukan yang menjadi kekuatanya.

ketika menyusun kekuatan bayangkan hubungan yang perusahaan sobat miliki dengan kompetitor. nih misalnya nih. kalo semua kompetitor sobat memiliki kemampuan marketing yang bagus, berarti kemampuan marketing yang bagus bukan kekuatan perusahaan sobat, tapi itu adalah hal yang umum.


Kelemahan
1. apa yang harus perusahaan sobat tingkatkan?
2. apa yang harus perusahaan hindari?
3. apa yang dilihat market sebagai kelemahan perusahaan?
4. faktor apa yang menyebabkan perusahaan gagal dalam menjual?

Dalam menentukan kelemahan sobat juga harus mempertimbangkan ini baik dari perspektif internal maupun eksternal. Hal yang paling penting adalah kadang orang lain mampu melihat dengan baik kelemahan yang perusahaan sobat miliki ketimbang sobat sendiri.


Peluang
1. peluang baik apa yang sobat kira akan didapatkan oleh perusahaan?
2. apa trend menarik yang perusahaan lihat?
biasanya peluang datang dari beberapa hal berikut:
1. perubahan teknologi dan pasar, baik dalam skala besar maupun skala kecil
2. perubahan kebijakan pemerintah terkait dengan bidang yang perusahaan geluti
3. perubahan dalam hubungan sosial, demografi penduduk, perubahan gaya hidup dan lainnya
4. ada kegiatan yang dilakukan dalam skala lokal.

Ancaman
1. apa hambatan yang perusahaan hadapi saat ini?
2. apa yang perusahaan kompetitor lakukan saat ini?
3. apakah standar dari kualitas produk yang dihasilkan perusahaan berubah?
4. apakah perubahan teknologi mengancam posisi perusahaan?
5. apakah perusahaan memiliki masalah hutang atau cashflow?
6. apakah ada kelemahan yang dimiliki perusahaan secara serius mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan?


Nah kalo sudah membuat analisis SWOT sobat sudah tau dimana posisi perusahaan sobat saat ini. Langkah selanjutnya tinggal membuat langkah antisipatif maupun strategi yang akan digunakan.



No comments:

Post a Comment